World Water Forum ke-10 di Bali Hasilkan Ratusan Solusi Atasi Krisis Air

Sekitar 4 miliar orang di bumi saat ini kekurangan air bersih, 1,2 miliar di antaranya hidup di daerah yang mengalami krisis air absolut.

Hal ini jadi isu sentral yang diangkat dalam gelaran World Water Forum ke-10 di Bali yang berlangsung selama sepekan ke belakang, 18-25 Mei 2024.

Dengan tema “Air untuk Kesejahteraan Bersama”, Forum Air Dunia ke-10 di Bali bertujuan untuk menjadi platform global yang didedikasikan untuk mengeksplorasi solusi yang inklusif dan inovatif untuk isu-isu penting terkait air, terutama dalam mempercepat pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan 2030.

Untuk mendukung tujuan ini, Pemerintah Indonesia dan World Water Council, sebagai tuan rumah bersama Forum, telah menyusun ringkasan hasil dan tindakan. Kompendium ini mencakup berbagai proyek, inisiatif, dan kolaborasi di bidang air dan sanitasi, yang bertujuan untuk memastikan pembuatan kebijakan yang efektif dan komitmen jangka panjang terhadap solusi air yang selaras dengan Deklarasi Tingkat Menteri Forum Air Dunia ke-10.

Hasil dan tindakan yang tercantum dalam ringkasan ini merupakan kiriman sukarela dari negara-negara yang berpartisipasi, organisasi internasional, sektor swasta, dan pemangku kepentingan dalam komunitas air, termasuk pemuda. Pencantuman dalam daftar ini tidak menyiratkan adanya dukungan dari Forum/Menteri, dan kepemilikan serta pelaksanaan setiap proyek berada di bawah lingkup negara dan/atau organisasi pengusul.

 

Referensi :
1. https://goodstats.id/infographic/world-water-forum-ke-10-lahirkan-berbagai-kesepakatan-strategis-redam-krisis-air-cBed9

2. https://worldwaterforum.org/outcomes

Kirim Pesan
Mereka butuh uluran tangan kita. Karena sedikit bantuan dari #parapenderma adalah harapan besar bagi mereka