Penderma.id Sumbangkan 3 Mesin Air Minum Gratis (AMG) Untuk Korban Gempa Cianjur

KORBAN gempa Cianjur masih membutuhkan uluran tangan termasuk untuk kebutuhan air bersih. Hal ini menjadi prioritas mengingat fasilitas yang rusak belum tergantikan dengan baik.

Kondisi itulah yang menjadi perhatian Penderma.id bersama dengan para donatur.

Khirzan Noe’man, CEO Penderma.id menyampaikan, selama 2 bulan terakhir pihaknya telah menyalurkan 3 mesin Air Minum Gratis (AMG). Fasilitas itu membantu sampai dengan 1.000 kepala keluarga.

Beberapa lokasi penyaluran AMG di antaranya Ponpes Al-Muttmainah Desa Sarampad, Kecamatan Cugenang; Masjid Jami Alaydrus, Desa Bunisari, Kecamatan Warungkondang dan Posko Mandiri KitaBisa, di Kampung Gintung, Kecamatan Cugenang.

“Air bersih ini sangat dibutuhkan,” katanya, Rabu (25/1).

Bukan hanya membantu kebutuhan air melalui mesin AMG, Penderma.id juga akan menyediakan fasilitas air bagi warga yang kesulitan memperoleh air bersih untuk kebutuhan mandi dan mencuci.

Fasilitas air yang saat ini sedang dalam proses pembangunan terletak di Desa Gintung, Kecamatan Cugenang. Fasilitas air ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan air bersih untuk 700 kepala keluarga.

Pengadaan fasilitas air bersih bagi warga terdampak gempa Cianjur tersebut diharapkan dapat menjadi solusi dari permasalahan air bersih yang sudah ada sebelum terjadinya bencana ini.

“Semoga bisa memberikan dampak yang sangat besar bagi warga terdampak gempa Cianjur khususnya warga Kecamatan Cugenang,” katanya.

Umi Nisa, salah satu pengurus Ponpes Al-Muttmainah mengaku sangat bersyukur dengan adanya bantuan mesin AMG ini.

Menurutnya, mesin AMG ini dapat mengurangi sampah plastik dari penggunaan air minum dalam kemasan. Ia juga mengatakan mesin AMG ini ke depannya dapat menekan pengeluaran terkait pemenuhan kebutuhan air minum warga sehari-hari.

Seperti yang diketahui, gempa bumi bermagnitudo 5,6 mengguncang Kabupaten Cianjur pada 21 November 2022. Salah satu dampak yang dialami oleh para pengungsi adalah sulitnya untuk memperoleh air bersih guna memenuhi kebutuhan sehari-hari. Selama ini warga hanya mengandalkan air minum dalam kemasan yang diberikan oleh para donatur dan relawan. Sayangnya, jumlahnya terbatas, sehingga belum mampu memenuhi kebutuhan air minum sehari-hari untuk seluruh warga.

 

Kirim Pesan
Mereka butuh uluran tangan kita. Karena sedikit bantuan dari #parapenderma adalah harapan besar bagi mereka